EKOWISATA

 

 

 

 

 

   Berita...!

Direktur RASI Budiono menang Whitley Award 2012

Sangkuliman menjadi tujuan desa wisata untuk Pesut Mahakam

RASI menangVan Bree VTS Award dari almarhum Dr PJH Van Bree

Pengalaman relawan dari Jacquelin alias  'Joko' di desa Sangkuliman

 

KESAN ALAMI DARI SUNGAI MAHAKAM DI KALIMANTAN TIMUR

 

Kalimantan Timur merupakan provinsi terbesar dari Kalimantan dengan luas permukaan211,440 km2 dan memiliki beberapa sungai besar. Salah satu sungai terbesar dan terpanjang adalah Mahakam dengan luas permukaan air 149,277 km2 dan panjang 920 km, dan termasuk beberapa anak sungai dan danau. Di sistem sungai besar, ada beberapa obyek,yang menarik untuk dilihat-lihat.

Pesut Mahakam

Lumba-lumba air tawar di Mahakam, yang sering disebut sebagai Irrawaddy Dolphin dan di dalam lokal disebut sebagai pesut, memiliki beberapa tempat favorit untuk mencari makan dan bermain. Habitat utama pesut adalah sungai utama dari Muara Kaman ke Melak termasuk daerah pertemuan dengan anak sungai dan danau. Daerah dengan populasi terbesar adalah didaerah antara Muara Kaman dan Muara Muntai termasuk anak sungai Pela, Belayan, Kedang Kepala dan Kedang Rantau. Di Pela di desa Sangkuliman, sambil duduk santai di teras homestay Bu Imang, orang-orang dapat melihat lumba-lumba bergerak hilir-mudik, terutama di pagi dan sore hari. Selain itu,beberapa kali saat pertemuan di Muara Kaman setiap hari saat  makan siang atau sarapan di restoran Ramohan Anda juga dapat mengamati lumba-lumba secara langsung.

Hewan lain yang mungkin ditemui di sepanjang bantaran anak sungai atau sungai utama adalah banyak species burung, misalnya Rangkong, Bangau Tongtong,Raja Udang; species mamalia, misalnya Lutung , Bekantan, Monyet Ekor Panjang dan Berang-berang.

Danau Semayang

Ada satu lagi danau yang terhubung dengan Mahakam melalui Sungai Pela yang sempit, dimana sebagian besar kehidupan nelayan memancing di danau tersebut, yang berdampingan dengan Desa Semayang di sisi utara danau. Luas areal danau adalah 10,300 ha dan beberapa species mungkin dapat ditemui seperti Pesut, Kerbau Air, burung Bangau Tongtong dan  Kuntul. Pada musim kemarau, beberapa daerah dapat digunakan oleh petani padi dan jagung.

Danau Melintang

Danau Melintang terhubung dengan Danau Semayang melalui Desa Melintang,di mana masyarakat nelayan mempunyai rumah panggung di atas air. Disini, ada ikan yang dikeringkan di udara terbuka untuk di eksport. Danau ini dengan ukuran yang sama,yaitu 8,900 ha dan merupakan rumah bagi beberapa species burung,monyet daun dan bekantan.

Danau Jempang

Danau Jempang adalah daerah terbesar dengan ukuran 14,600 ha. Bagian besar danau ditutup dengan vegetasi mengambang,seperti eceng gondok, yang berkembang biak sangat baik dan merupakan tempat peristirahatan bagi banyak species burung air, tetapi juga banyak species ikan berlindung atau berkembang biak di bawah vegetasi yang lebat di sekitar danau. Di sisi selatan danau adalah dasa Tanjung Isuy yang telah dikenal sebagai ''tempat budaya'' karena sebagian besar masyarakat yang ada berasal dari suku Dayak Banuaq dan Tunjung. Dalam ''rumah panjang'' (Lamin) yang digunakan oleh masyarakat untuk acara-acara khusus, ada banyak souvenir, buatan tangan orang lokal untuk dijual, sedangkan salah satu bagian dari rumah panjang memiliki fasilitas akomodasi bagi wisatawan. 

 

Kersik Luway

Kersik Luway merupakan cagar alam yang terletak di Desa Sekolaq Darat , 10km dari Melak. Daerah ini 5000 ha dalam ukuran di mana terdapat 57 jenis anggrek tumbuh. Bahkan sebelum kebakaran besar tahun 1982, ada 72 species. Sebagian besar dari mereka tumbuh diatas pasir putih di area seluas 20ha. Selain itu, jenis tanaman menarik lainnya dapat ditemukan seperti Nephentes spp tumbuh dipohon, tetapi juga secara langsung dilapangan.

 

INFORMASI TOUR/TRAVEL

Jika Anda tertarik untuk pergi  tur menyusuri Sungai Mahakam dan mengamati lumba-lumba, satwa liar lain dan budaya lokal, silakan klik pada jadwal yang disarankan di bawah (Mahakam Dolphin Tour). Organisasi kami bukan agen perjalanan tapi kami bekerja sama dengan agen perjalanan lokal. Rencana perjalanan yang disarankan dapat memberikan traveler beberapa gagasan tentang situs yang layak dilihat dan dimana yang dapat dengan mudah mengamati lumba-lumba. Perjalanan diusulkan menggunakan publik dalam kombinasi dengan transportasi pribadi dan bermalam di desa-desa. Namun, ada juga kemungkinan untuk perusahaan kecil hingga kelompok besar untuk melakukan perjalanan menggunakan perahu swasta (termasuk akomodasi dan makan), yang lebih mahal dan dapat diatur secara langsung meskipun perjalanan dan panduan yang disebutkan dalam lembar jadwal. Jika Anda ingin bepergian tanpa panduan, Anda dapat mengikuti beberapa petunjuk kami dalam info lembar dan peta kami. Jika Anda memiliki minat khusus dalam masalah satwa liar dan / atau lingkungan salah satu staf kami juga dapat mengawal selama perjalanan Anda (dengan kompensasi harian dan tergantung pada waktu yang tersedia). Kami tidak meminta komisi apapun dari setiap perjalanan atau panduan, pengemudi perahu atau Losmen bintang dll dan menawarkan semua informasi secara gratis. Namun, kami ingin meminta kerja sama Anda untuk mengirimkan umpan balik singkat (yk.rasi @ gmail.com) tentang pengalaman Anda dan jika informasi yang ditawarkan adalah berguna. Dengan cara ini kita melacak para wisatawan yang mengunjungi daerah lumba-lumba dan meningkatkan jadwal. Kami berterima kasih yang paling ramah!

Memiliki perjalanan yang baik! Jangan ragu untuk menghubungi organisasi kami atau membimbing langsung  jika Anda memerlukan info lebih lanjut.

 

Pesut Mahakam Tur   Leaflet 1    Leaflet 2

 

                              Copyright 2013 Yayasan Konservasi RASI - All Rights Reserved.